Selasa, 14 Mei 2013

Ini nih salah satu mobil greentech


Lapisan ozon bumi sekarang sudah rusak akibat polusi udara yang ditimbulkan oleh asap kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar fosil. Kita tahu bahwa pembakaran bahan bakar fosil dapat menghasilkan gas CO2 dan CO. Ternyata kedua gas ini sangat berbahaya jika menyentuh lapisan ozon. Akibatnya ozon menjadi rusak dan terjadilah global warming.


Oleh karena itulah ilmuwan di seluruh dunia sekarang sedang gencar membuat teknologi  yang ramah lingkungan untuk mengrangi CO2 dan CO tersebut. Salah satunya dengan membuat mobil listrik. Kita tahu bahwa kebutuhan berkendaraan bermotor sudah mendarah daging di dunia ini. Kita tidak akan bisa bepergian jauh tanpa mobil. Karena itu sebagan besar polusi datang dari asap kendaraan bermotor. Maka mobil listrik, yang bisa dikategorikan sebagai green tech mungkin bisa menjawab kebutuhan manusia terhadap teknologi ramah lingkungan.


Mobil bertenaga listrik merupakan salah satu wujud solusi ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap krisis energi saat ini. Mobil listrik menggunakan  energi listrik juga ramah lingkungan, bahkan hampir nol emisi. Masalah yang umum terjadi pada mobil listrik adalah kapasitas baterai dalam menyimpan energi saat ini masih belum sebanyak bensin pada berat yang sama.


Saat ini, mobil listrik baru dipakai secara terbatas di bandara, rumah sakit, hotel dan masih dalam kapasitas yang terbatas. Sejak tahun 1999, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah menciptakan mobil listrik yang diberi nama Marlip, singkatan dari marmut listrik LIPI. Nama ini diidentikkan dengan kendaraan roda empat yang lebih kecil dari ukuran mobil umumnya, namun bisa bergerak lincah. Marlip direncanakan selesai dalam tiga tahun. 


Pada tahun 2000, Marlip difokuskan  pada penelitian sistem energi, termasuk sistem charging dan baterai yang paling tepat. Ternyata baterai basah (lead acid) adalah alternatif paling pas. Tahun berikutnya Marlip memasuki perancangan sistem penggerak mobil, terutama sakelar mekanis maju mundur (SM3) sebagai pengganti sistem persneling, blok mesin, dan dinamo. SM3 digunakan untuk membalikkan putaran motor penggerak yang dilengkapi posisi netral. Pada Juli 2002, Marlip untuk pertama kalinya diuji pada peringatan ulang tahun Kebun Raya Bogor. Bagaikan marmut asli, Marlip meliuk-liuk lincah di kesejukan taman itu.


Contoh lain dari mobil bertenaga listrik yang ramah lingkungan adalah twizy F1. Twizy F1 adalah mobil Formula 1 yang bertenaga listrik, mobil buatan produsen asal prancis ini di buat oleh renault sebagai salah satu cara mereka untuk meminimalisir pemanasan global yang di sebabkan kendaraan yang berbahan bakar Bensin, Solar, ataupun Pertamax yang biasa kita kenal bahan bakar fosil atau bahan bakar minyak(BBM).
Maka dari itu sangatlah penting untuk mengembangkan mobil listrik yang sangat di butuhkan pada zaman yang semakin memprihatinkan karena di landa global warming yang menuurut saya sudah melebihi batas karena telah merubah banyak hal Seperti pergantian musim yang tak menentu, pergantian cuaca yang ekstreme, meningkatnya suhu di bumi dan yang lainnya

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More